June 15, 2024

InfoAlima

Portal berita online

DPMD Kukar Menggalakkan Akses Perbankan di Desa untuk Meningkatkan Indeks Desa Membangun

1 min read

Kepala DPMD Kukar, Arianto.

Infoalima.com, TENGGARONG – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) mengambil langkah progresif dengan mendorong keberadaan layanan perbankan di desa-desa. Inisiatif ini bertujuan untuk meningkatkan Indeks Desa Membangun (IDM) dalam sektor ekonomi, khususnya di wilayah yang memiliki tantangan geografis dan aksesibilitas.

Arianto, yang menjabat sebagai Kepala DPMD Kukar, menyoroti bahwa untuk mencapai status IDM yang maju dan mandiri, akses ke layanan perbankan menjadi sangat penting. Saat ini, tantangan yang dihadapi meliputi terbatasnya akses ke daerah terpencil dan kurangnya infrastruktur internet, yang berpengaruh terhadap pencapaian indeks ekonomi yang lebih baik.

“Kami tengah berupaya agar desa-desa dapat mengakses layanan perbankan melalui kerja sama dengan BUMDes. Kami juga telah menjalin kerja sama dengan Bankaltimtara untuk menyediakan infrastruktur yang diperlukan di seluruh desa di Kukar,” kata Arianto.

Arianto menambahkan bahwa layanan perbankan sangat vital, terutama untuk mendukung transaksi non tunai yang dilakukan bersama Pemerintah Kabupaten Kukar, termasuk penyaluran insentif kepada pengurus RT, guru ngaji, dan lainnya. Tanpa kehadiran bank di desa, warga harus melakukan perjalanan ke cabang terdekat yang mungkin berjarak jauh.

“Dengan adanya agen Bankaltimtara di setiap desa, diharapkan akan terjadi peningkatan aktivitas ekonomi. Ini merupakan salah satu fokus utama yang kami pantau,” tutup Arianto.

Inisiatif DPMD Kukar ini diharapkan dapat membawa perubahan signifikan dalam pertumbuhan ekonomi desa dan memperkuat kemandirian finansial warga. Dengan meningkatkan akses ke layanan perbankan, desa-desa di Kukar akan lebih mampu menghadapi tantangan ekonomi dan memanfaatkan setiap kesempatan yang ada untuk kemajuan yang berkelanjutan. (ADV/DPMD Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *