June 15, 2024

InfoAlima

Portal berita online

DPMD Kukar Bertekad Mengatasi Rintangan Demi Kemandirian Desa

1 min read

Kepala DPMD Kukar, Arianto.

Infoalima.com, TENGGARONG – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) di Kutai Kartanegara (Kukar) menghadapi tantangan yang signifikan dalam usaha mencapai kemandirian desa. Kepala DPMD Kukar, Arianto, menyoroti bahwa salah satu masalah utama adalah kurangnya tenaga kesehatan, terutama dokter, di desa-desa.

Arianto menekankan bahwa kehadiran dokter di setiap desa sangat krusial untuk meningkatkan kesehatan masyarakat. “Kami sangat membutuhkan tenaga medis, khususnya perawat dan bidan, di desa-desa yang kekurangan. Ini tidak hanya penting untuk kesehatan tetapi juga untuk memperkuat ketahanan sosial desa,” ujar Arianto.

Selain itu, Arianto juga menekankan pentingnya ekonomi desa yang kuat. Ia menyatakan bahwa hal ini dapat dicapai dengan mendorong pertumbuhan UMKM dan BUMDes. “Ekonomi desa yang kuat adalah kunci untuk kemandirian,” kata Arianto.

Arianto juga melihat peluang besar dalam potensi sumber daya alam dan budaya yang dimiliki oleh desa-desa di Kukar. Menurutnya, ini adalah modal penting yang dapat dikembangkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

DPMD Kukar berkomitmen untuk mengatasi tantangan ini dan memanfaatkan setiap peluang yang ada. Mereka telah menetapkan strategi untuk meningkatkan kualitas SDM desa melalui pelatihan dan pendidikan. Pemberdayaan masyarakat desa dianggap sebagai langkah penting dalam mencapai kemandirian desa. (ADV/DPMD Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *