June 17, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Inisiatif DPMD Kukar Tingkatkan Kinerja BUMDes untuk Kemajuan Ekonomi Desa

1 min read

Kepala DPMD Kukar, Arianto.

Infoalima.com, TENGGARONG – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) berinisiatif meningkatkan kinerja Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) guna memajukan ekonomi desa. Meski setiap desa dari 193 desa di Kukar telah memiliki BUMDes, hanya sejumlah kecil yang berhasil berkembang.

Kepala DPMD Kukar, Aryanto, menyatakan bahwa dari seluruh BUMDes, hanya 34 yang telah terdaftar sebagai badan hukum, sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) No 11 Tahun 2021. Sementara itu, 159 BUMDes lainnya masih dalam proses untuk memenuhi persyaratan hukum yang sama.

Dua BUMDes yang telah mendapatkan pengakuan atas prestasi mereka adalah BUMDes Bersinar Desaku di Desa Muara Enggelam dan BUMDes Payang Sejahtera di Desa Sungai Payang. Kedua BUMDes ini berhasil masuk dalam nominasi inovasi pelayanan publik yang diadakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB).

Sesuai dengan PP No 11/2021, BUMDes diharapkan menjadi penggerak ekonomi desa. “Kami berupaya menciptakan desa yang mandiri dengan BUMDes yang kuat sebagai penggerak ekonomi,” ujar Aryanto.

DPMD Kukar telah menerapkan strategi pendampingan untuk proses legalisasi BUMDes dan mendorong kerjasama dengan pelaku usaha lokal, dengan mengoptimalkan potensi yang ada di setiap desa.

Aryanto menekankan pentingnya peningkatan kapasitas BUMDes dalam manajemen, keterampilan berwirausaha, dan pembangunan kemitraan dengan sektor usaha lain. “Kami akan terus memberikan pendampingan dan kerjasama yang dibutuhkan untuk menguatkan BUMDes,” tutur Aryanto. (ADV/DPMD Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *