June 17, 2024

InfoAlima

Portal berita online

DPMD Kukar Menggalang Semangat Gotong Royong dengan BBGRM ke-21

2 min read

Kegiatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke-21 Kukar.

Infoalima.com, TENGGARONG – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke-21. Kegiatan ini bertujuan untuk membangkitkan semangat gotong royong dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan yang mandiri dan berkelanjutan.

Sejalan dengan Surat Sekretaris Daerah Kukar Nomor B-44/PEMBERDAYAAN/800.1.13.4/05/2024, Kepala DPMD Kukar, Arianto, menyerukan kepada seluruh lapisan masyarakat untuk menghidupkan kembali tradisi gotong royong. Acara Apel Pencanangan BBGRM ke-21 yang awalnya dijadwalkan pada 8 Mei 2024, telah diundur ke tanggal 11 Mei 2024 di Kecamatan Kembang Janggut.

“Kami mengharapkan penundaan ini dapat memotivasi lebih banyak masyarakat untuk terlibat dalam gotong royong,” kata Arianto.

DPMD Kukar telah menyebarkan surat ke seluruh perangkat daerah di Kukar, menegaskan bahwa kegiatan Gotong Royong Serentak akan tetap berlangsung pada 8 Mei 2024, sesuai dengan zona dan titik pusat yang telah ditentukan, kecuali di beberapa kecamatan tertentu.

Kecamatan Kenohan, Kembang Janggut, dan Tabang akan melaksanakan gotong royong serentak pada 11 Mei 2024, bertepatan dengan acara Apel Pencanangan BBGRM ke-21. “Titik pusat gotong royong di ketiga kecamatan tersebut akan ditetapkan oleh masing-masing Camat,” ujar Arianto.

Inisiatif ini diambil dengan tujuan untuk membangkitkan rasa kepemilikan dan tanggung jawab di kalangan masyarakat terhadap lingkungan mereka. Langkah ini juga diharapkan dapat mempertahankan nilai-nilai gotong royong yang telah lama menjadi bagian dari budaya lokal, terutama di tengah perubahan sosial dan dinamika masyarakat modern.

Kegiatan BBGRM ke-21 ini diharapkan tidak hanya menjadi ajang pembersihan lingkungan semata, tetapi juga sebagai sarana untuk mempererat tali persaudaraan dan kerjasama antar warga. DPMD Kukar berkomitmen untuk terus mendorong dan mendukung setiap usaha yang dapat memperkuat nilai gotong royong, yang merupakan warisan budaya bangsa yang tak ternilai.

Dengan adanya kegiatan ini, DPMD Kukar berharap dapat tercipta lingkungan yang bersih, sehat, dan harmonis yang dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat.

“Kegiatan BBGRM ke-21 ini diharapkan menjadi momentum bagi masyarakat untuk bersama-sama berkontribusi dalam pembangunan daerah, sekaligus memperkuat rasa solidaritas dan kebersamaan,” pungkasnya. (ADV/DPMD Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *