June 14, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Strategi DPMD Kukar dalam Mengoptimalkan Penggunaan Anggaran Desa

1 min read

Kepala DPMD Kukar, Arianto.

Infoalima.com, TENGGARONG – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) terus berinovasi untuk memastikan pembangunan desa berjalan dengan efisien dan efektif. Dalam rangka mencapai tujuan ini, DPMD Kukar telah melaksanakan serangkaian inisiatif strategis yang bertujuan untuk meningkatkan penyerapan anggaran secara optimal.

Perkembangan terkini menunjukkan bahwa DPMD Kukar telah berhasil menyerap dana sebesar Rp10 miliar dari total anggaran Rp26 miliar yang dialokasikan hingga April 2024. Capaian ini terjadi meskipun ada beberapa kendala teknis yang dihadapi oleh dinas.

Arianto, Kepala DPMD Kukar, mengakui bahwa transisi ke Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) dan pengangkatan pejabat baru telah memberikan tantangan tambahan dalam proses penyerapan anggaran.

“Kami sedang berusaha keras untuk mengatasi kendala teknis yang kami temui,” kata Arianto.

Menanggapi tantangan ini, DPMD Kukar telah melakukan penyesuaian terhadap proposal-proposal pengadaan infrastruktur desa dan telah mengimplementasikan program Data Desa Presisi. Inisiatif-inisiatif ini diharapkan akan mempercepat penyerapan anggaran yang telah dialokasikan.

Dengan rencana yang telah disiapkan dengan cermat, Arianto optimis bahwa penyerapan anggaran akan meningkat secara signifikan dalam waktu dekat.

“Kami menargetkan penyelesaian semua dokumen sebelum akhir April, sehingga realisasi fisik dan proses pembayaran dapat dilakukan pada bulan Mei,” ujar Arianto. (ADV/DPMD Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *