June 13, 2024

InfoAlima

Portal berita online

DPMD Kukar Bertekad Mewujudkan Desa Maju dengan Penguatan Ekonomi dan Pelestarian Lingkungan

1 min read

Arianto, Kepala DPMD Kukar.

Infoalima.com, TENGGARONG – DPMD Kukar terus berupaya mewujudkan visi ‘Desa Maju’ melalui serangkaian inisiatif yang berfokus pada penguatan ekonomi dan pelestarian lingkungan. Saat ini, sebagian besar desa di Kukar telah mencapai status desa berkembang, sebuah pencapaian yang merupakan buah dari program-program inovatif yang dijalankan oleh DPMD Kukar.

Kepala DPMD Kukar, Arianto, menegaskan komitmen lembaganya untuk mengangkat status desa-desa yang masih berada di jalur menuju kemajuan. Arianto menyatakan bahwa masih ada beberapa desa yang sedang berproses menjadi Desa Berkembang, khususnya desa-desa yang ekonominya belum sepenuhnya stabil.

“Kami bertekad untuk memajukan indikator-indikator ekonomi, sosial, dan lingkungan yang menjadi dasar pembangunan desa,” ujar Arianto.

Arianto menambahkan bahwa DPMD Kukar telah merancang berbagai strategi untuk memperkuat ekonomi desa, termasuk melalui pengembangan pariwisata. Pendanaan untuk inisiatif-inisiatif tersebut dapat berasal dari anggaran desa atau dana APBD Kabupaten.

Salah satu contoh sukses adalah Desa Pela, yang telah mengembangkan pariwisatanya dan kini memberikan kontribusi besar terhadap pendapatan asli daerah (PAD). Keberhasilan Desa Pela menjadi model bagi desa-desa lain di Kukar untuk mengikuti langkah-langkah yang sama dalam memperkuat ekonomi desa.

Arianto juga mengajak semua desa di Kukar untuk berinovasi dan menggali potensi yang dimiliki, agar di masa depan, setiap desa dapat membangun dan meningkatkan kualitas hidup penduduknya secara mandiri.

“Kami tidak akan tinggal diam melihat desa-desa dengan potensi pariwisata yang belum tergali. Untuk Desa Kedangmurung yang menghadapi kendala, kami telah menyediakan bantuan infrastruktur penerangan jalan untuk mendukung kegiatan pariwisata,” tutur Arianto. (ADV/DPMD Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *