May 18, 2024

InfoAlima

Portal berita online

DPMD Kukar Dampingi Bupati Resmikan Fasilitas Air Bersih di Perangat Selatan, Minta Masyarakat Dilibatkan

1 min read

Bupati Kukar, Edi Damansyah.

Infoalima.com, Tenggarong – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kutai Kartanegara (Kukar) mendampingi Bupati Kukar Edi Damansyah meresmikan Fasilitas Air Bersih di Desa Perangat Selatan, Senin (26/2/2024). Edi meminta Kepala Desa Perangat Selatan untuk melibatkan masyarakat dalam proses pelayanan air bersih yang dikelola BUMDes.

“Libatkan masyarakat dalam kontrolnya, tapi masukkan ke dalam konsep manajemen SOP BUMDesnya,” kata Edi.

Edi menambahkan, semua haruslah sama-sama mengontrol. Jika melihat ada gejala-gejala yang mencurigakan, bisa diberitahukan kepada Kades dan identitas pelapor haruslah dilindungi.

Edi mengaku, program ini merupakan janjinya dari tahun 2020, untuk penguatan fiskal di desa. Dana Bantuan Keuangan (Bankeu) khusus diarahkan untuk pemenuhan pelayanan air bersih.

“Program ini merupakan janji saya dari tahun 2020, bahwa salah satu kebijakan yang ditetapkan ialah penguatan fiskal di desa. Bankeu khusus ini penggunaannya sudah kami arahkan dari tingkat kabupaten, salah satunya untuk pemenuhan pelayanan air bersih,” ungkapnya.

Selain itu, Kepala DPMD Kukar, Arianto mengungkapkan, program ini merupakan penambahan kapasitas air bersih di Desa Perangat Selatan yang semula di tahun 2022 pelanggan PAM sebanyak 350 meningkat menjadi 515 pelanggan hingga saat ini.

“Dengan kenaikan yang signifikan air menjadi berkurang sehingga pak Bupati memberikan bantuan berupa satu buah sumur, tandon beserta kelengkapannya,” ucap Arianto

Ditambahkannya, kegiatan yang dikelola BUMDes selama dua tahun berturut-turut ini telah menghasilkan PAD hingga mencapai Rp110 juta.

“Saya harap bantuan yang diberikan bisa dimanfaatkan dengan baik, kedepan pemkab akan terus meningkatkan pelanggan PAM dengan ketersediaan air yang sudah diresmikan ini,” ujar Arianto.

(ADV/DPMD Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *