May 25, 2024

InfoAlima

Portal berita online

DPMD Kukar Sebut Data Terpadu Kesejahteraan Sosial Jadi Acuan Penyaluran Bantuan di Kukar

1 min read

Edi Damansyah didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kukar Arianto, S.Sos.,M.Si menyerahkan bantuan pangan.

Infoalima.com, Tenggarong – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kukar masih menggunakan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) sebagai acuan dalam penyaluran bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat miskin.

Bupati Kukar, Edi Damasyah mengatakan penyaluran bansos untuk warga ekstrem miskin ataupun warga prasejahtera bisa dilihat menggunakan DTKS.

“DTKS ini menjadi acuan utama dalam penyaluran bansos, agar bantuan yang diberikan tepat sasaran,” kata Edi Damansyah, Bupati Kukar, Sabtu (24/2/2024).

Edi menjelaskan bahwa DTKS merupakan database yang memuat informasi tentang kondisi sosial ekonomi masyarakat miskin. Data ini dihimpun oleh Kementerian Sosial dan diperbarui secara berkala.

“Pemerintah desa dan kelurahan harus aktif dalam melakukan verifikasi dan update data DTKS, agar data ini benar-benar akurat dan terkini,” ujarnya.

Edi juga meminta agar masyarakat yang merasa berhak menerima bansos namun tidak terdaftar dalam DTKS untuk segera melapor kepada pemerintah desa atau kelurahan setempat.

Senada dengan hal itu, Kepala DMPD Kukar, Arianto mengatakan DTKS masih menjadi acuan data masyarakat miskin disetiap desa-desa di Kukar.

“acuannya ada di DTKS untuk itu diharapkan tidak ada lagi masyarakat miskin belum terdata,” ucap Arianto.

Untuk diketahui, Bupati Kukar Edi Damansyah didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kukar Arianto, S.Sos.,M.Si menyerahkan bantuan pangan dan bantuan sosial (bansos) dalam rangka penanggulangan kemiskinan ekstrem tahun 2024.

(ADV/DPMD Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *