May 24, 2024

InfoAlima

Portal berita online

DPMD Kukar dan Bupati Resmikan Posyandu Balita Cempaka untuk Optimalkan Layanan Kesehatan Masyarakat

2 min read

Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah meresmikan Posyandu Balita Cempaka di Desa Jongkang, Kecamatan Loa Kulu.

Infoalima.com, Tenggarong – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kutai Kartanegara (Kukar) bersama Bupati Kukar, Edi Damansyah meresmikan Posyandu Balita Cempaka di Desa Jongkang, Kecamatan Loa Kulu, pada Selasa (6/2/2024).

Edi mengatakan bahwa peresmian ini merupakan bagian dari upaya Pemkab Kukar untuk mengoptimalkan layanan kesehatan masyarakat.

“Posyandu merupakan salah satu pilar utama dalam menjaga kesehatan masyarakat, khususnya balita. Oleh karena itu, Pemkab Kukar terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas Posyandu, baik dari segi fisik maupun layanannya,” kata Edi.

Edi menambahkan, Posyandu Balita Cempaka merupakan salah satu contoh Posyandu yang telah direvitalisasi oleh Pemkab Kukar. Posyandu ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang modern, seperti alat timbangan digital, alat ukur tinggi badan, dan alat periksa kesehatan lainnya.

“Dengan adanya Posyandu yang modern dan lengkap ini, diharapkan dapat meningkatkan kualitas layanan kesehatan bagi balita di Desa Jongkang,” ujar Edi.

Edi berharap, ibu-ibu kader harus beradaptasi dengan penyesuaian, karena alat digital itu lebih memudahkan ibu-ibu kader bekerja di Posyandu.

selanjutnya juga Edi mengucapkan terima kasih, karena Posyandu lansia juga berjalan dengan baik di jongkang. Sehingga di Desa Jongkang  ada dua posnyandu yang aktif, yaitu  Posyandu lansia dan Posyandu Balita.

Selain itu, Kepala DPMD Kukar, Arinato meminta peran serta ibu-ibu kader psoyanyu dan Pak RT untuk menyampaikan informasi jika Posyandu buka untuk memberikan pelayanan.

“Pak RT mungkin nanti bisa bantu lagi kaitan dengan data, RT tahu jika ada beberapa titik RT-nya yang aktif,  karena di ibu-ibu kader memiliki data di Posyandu, seperti  data balita.” kata Arianto.

Dirinya juga meminta kepada Kepala Desa Jongkang untuk melakukan penguatan dan pembinaan kader Posyandu sehingga gerakan kesehatan masyarakat bukan hanya pembangunan fisiknya tetapi juga regenerasi SDMnya.

“Semoga keberhasilan ini dapat memberikan manfaat yang lebih besar bagi seluruh lapisan masyarakat dan semoga apa yang kita lakukan menjadi amal ibadah,” harapnya.

(ADV/DPMD Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *