May 19, 2024

InfoAlima

Portal berita online

DPMD Kukar Bersama Bupati Bangun Bank Sampah Berseri Manfaatkan PLTS

1 min read

Bupati Kukar Edi Damansyah saat kunjungan ke Marangkayu.

Infoalima.com, Tenggarong – Bank Sampah Kersik Berseri di Desa Kersik, Kecamatan Marang Kayu, Kutai Kartanegara (Kukar) menjadi yang pertama di Indonesia yang memanfaatkan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) untuk operasionalnya.

Bupati Kukar Edi Damansyah berharap, dengan adanya PLTS ini, bank sampah dapat menjadi lebih mandiri dan berkembang.

“Harapan saya, bank sampah ini bisa menjadi contoh bagi desa-desa lain di Kukar dan di Indonesia. Kita ingin pengelolaan sampah di desa-desa semakin baik dan ramah lingkungan,” kata Edi.

Edi menambahkan, program bank sampah merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mengatasi permasalahan sampah di Kukar.

“Sampah merupakan salah satu masalah utama di Kukar. Dengan adanya bank sampah, diharapkan sampah dapat dikelola dengan baik dan memiliki nilai ekonomi,” ujarnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kukar Arianto menambahkan, program ini merupakan proyek percontohan pembangunan bank sampah di setiap desa dalam pengelolaan sampah.

“Khusus desa kita beri Rp 1 miliar 250 juta untuk dua mesin, mesin pencacah organik dan pencacah plastik. Lalu akan kita lihat evaluasi perkembangan dan pemanfaatannya, ketika bisa dioptimalisasi, ini akan jadi percontohan bagi desa lain,” ujar Arianto.

Perlu diketahui, PLTS menciptakan listrik alternatif dari sinar matahari untuk memenuhi kebutuhan harian. PLTS mampu mengubah foton matahari dan mengubahnya menjadi energi listrik. Listrik ini yang kemudian bisa dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari untuk menyalakan peralatan elektronik dan sebagainya.

(ADV/DPMD Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *