May 23, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Stand DPMD Kukar Ramai Pengunjung di Expo Merah Putih Sanga-sanga

2 min read

Stand Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).

Infoalima.com, Tenggarong, Kalimantan Timur – Stand Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menjadi salah satu stand yang paling ramai dikunjungi di pameran Expo Merah Putih Sanga-sanga.

Hal ini terlihat dari banyaknya pengunjung yang datang ke stand DPMD Kukar untuk mendapatkan informasi dan program unggulan DPMD Kukar, serta mengikuti kuis berhadiah.

“Kami sangat senang dengan antusiasme masyarakat yang tinggi terhadap stand DPMD Kukar. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat semakin tertarik dengan program-program yang kami laksanakan,” ungkap Yusran Darma, S.Sos.,M.Si., Sekretaris Dinas PMD Kukar.

Dinas PMD Kukar memberikan apresiasi kepada para pengunjung Expo Merah Putih Sanga-sanga dengan membagikan berbagai hadiah menarik.

Selain itu, Stand DPMD menampilkan enam program Kukar Idaman yang merupakan bagian tugas pokok fungsi dari Dinas PMD Kukar. Program-program itu antara lain, program pertama yaitu pembangunan pertanian berbasis kawasan yang ditujukan untuk menjamin kelangsungan proses transformasi ekonomi dengan menetapkan kawasan-kawasan strategis pertanian dalam arti luas secara terintegrasi dan Dinas PMD bertugas dalam pembentukan BUMDesa unit usaha pertanian.

Program kedua yaitu program air bersih desa yang ditujukan untuk menyediakan air bersih bagi daerah yang tidak terjangkau oleh layanan PDAM, dengan mendorong BUMDesa sebagai pengelola air bersih secara mandiri.

Ketiga, program keluarga peduli kesehatan yakni memperkuat dan memperluas program RAGAPANTAS (Gerakan Keluarga Peduli Pencegahan dan Atasi Stunting) dengan target menurunkan angka stunting dibawah target nasional yakni dibawah 14 persen dan menyediakan layanan asuransi kesehatan bagi masyarakat prasejahtera.

Keempat, program Kukar Bebaya yaitu bertujuan untuk melepas ego sektoral dan ego kewilayahan dengan memperluas jalinan kerjasama saling menguntungkan, agar terbangun suatu pola pembangunan terintegrasi dengan mengutamakan kepentingan rakyat dalam jangka panjang.

Kelima, program aparatur Negara bahagia yaitu agar para abdi Negara dapat  memiliki jaminan hari tua dan tambahan pendapatan melalui pemanfaatan keanggotaan KORPRI dengan menangkap peluang usaha dibawah manajemen Koperasi ASN Kukar yang professional dan produktif.

Keenam, program Terang Kampungku yang ditujukan untuk menyediakan dan memfasilitasi energy ramah lingkungan terbarukan yang diutamakan pada daerah-daerah terpencil yang tidak terjangkau oleh layanan PLN, yang selanjutnya dikelola secara mandiri oleh BUMDesa.

(ADV/DPMD Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *