May 19, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Hadir di Milad Ke-30 MAN 2 Tenggarong, Rendi Berpesan Agar Kaula Muda Kukar Bersiap Songsong IKN

2 min read

Wabup Kukar, Remdi Solihin saat menghadiri Milad Ke-30 MAN 2 Tenggarong.

Infoalima.com, TENGGARONG – Perayaan Milad ke-30 Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Tenggarong terasa spesial karena dihadir langsung oleh Wakil Bupati (Wabup) Kutai Kartanegara (Kukar), Rendi Solihin, Kamis (9/11/2023).

Dalam kesempatan ini, Rendi Solihin menyampaikan pesan seluruh kaula muda di Kukar tak terkecuali para pelajar untuk mulai mempersiapkan diri menghadapi perpindahan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur (Kaltim).

Menginat saat IKN berpindah nanti, akan ada jutaan orang bermigrasi ke IKN, termasuk juga ke wilayah Kutai Kartanegara. Sehingga persaingan dalam segala aspek kehidupan di Kukar akan memjadi lebih ketat.

Oleh karena itu, Rendi menuntut kaula muda Kukar untuk lebih giat dalam belajar dan mempersiapkan diri agar dapat bersaing ditengah pusaran perkembangan IKN.

“Sebagai tuan rumah, kita jangan sampai kalah bersaing dengn SDM dari berbagai daerah di Indonesia,” pesan Rendi Solihin.

“Persaingan sudah mulai terjadi dalam segi SDM dengan para pedatang mulai berkompetisi dengan putra-putri asli daerah. Sebagai tuan rumah jangan menjadi penonton di daerah sendiri,” ia kembali menegaskan.

Kemudian Rendi menambahkan bahwa, selama ini Kukar dikenal sebagai daerah kaya di Indonesia. Tapi kekayaan itu diperoleh dari tiga sumber yakni minyak bumi, gas alam dan batu bara.

Tak ingin bertumpu dari tiga sumber tersebut, Pemkab Kukar juga mengali potensi lainnya. Di antaranya meningkatkan sumber daya manusia, sumber daya pertanian dalam arti luas, potensi pariwisata dan pengembangan ekonomi kreatif.

Rendi menyebutkan, Kukar mengalami peningkatkan di sektor pertanian dalam arti luas. Di mana, telah menjadi lumbung pangan di Kaltim, dan berhasil menopang 20 persen APBD Kukar dari sektor pertanian.

“Diperlukan inovasi baru dalam meningkatkan pendapatan daerah, begitu pula dengan peningkatan SDM di setiap lembaga dan sekolah. Dalam hal ini MAN 2 Kukar sudah banyak berinovasi dalam prestasi yang diraih dan itu harus terus ditingkatkan lebih lagi,” pintanya. (ADV/Diskominfo Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *