May 25, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Hadirkan Sokusi Penanganan Sampah, Kecamatan Loa Kulu Bakal Bangun TPA di Desa Jembayan Dalam

1 min read

Camat Loa Kulu, Ardiansyah.

Infoalima.com, TENGGARONG – Untuk mengatasi permasalahan sampah yang terus menjadi persoalan di tengah-tengah masyarakat. Pemerintah Kecamatan Loa Kulu berencana membangun Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di Desa Jembayan Tengah, Jumat (27/10/2023).

Langkan ini dianggap strategis untuk di ambil, mengingat masalah kebersiahan lingkungan kerap tak terkendali. Tak jarang warga setempat menghadirkan solusi alternatif dengan melakukan pembakaran sampah. Padahal, hal ini dinilai tidak menyelesaikan persoalan. Justru hanya menambah polisi bagi lingkungan sekitar.

Untuk segera merealisasikan pembangunan TPA tersebut, Camat Loa Kulu, Ardiansyah mengaku. Pihaknya tengah menyiapkan lahan yang akan dijadikan sebagai lokasi TPA. Direncanakan, lokasi TPA ini akan dibuat jauh dari pemukiman warga.

“Di Jembayan Tengah itu ada lahannya pemerintah untuk kita jadikan tempat pembuangan akhir sampah,” kata Ardiansyah.

Untuk diketahui, sejatinya Kecamatan Loa Kulu telah memiliki TPA yang berada di Desa Loa Kulu Kota. Namun seiring dengan berjalannya waktu dan bertumbuhnya jumlah penduduk. TPA tersebut dinilai sudah tidak representatif untuk tetap difungsikan.

Untuk mengatasi permasalahan sampah tersebut, Ardiansyah juga mengaku. Pihaknya telah mendapat bantuan tambahan armada, untuk mengangkut sampah dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar).

“Jadi sementara ini kita buang sampah dari Loa Kuku ini ke TPA di Tenggarong,” pungkasnya. (ADV/Diskominfo Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *