May 18, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Kecamatan Sangasanga Bakal Manfaatkan Lahan Pasca Tambang Sebagai Kawasan Peternakan

1 min read

Camat Sangasanga, M Dachriansah.

Infoalima.com, TENGGARONG – Kecamatan Sangasanga berencana memanfaatkan banyaknya lahan pasca tambang sebagai kawasan peternakan sapi. Hal ini dilakukan untuk mempersiapkan diri, sebagai wilayah yang ditargetkan bakal jadi daerah penghasil daging bagi Kalimantan Timur (Kaltim) dan Ibu Kota Negara (IKN), Rabu (25/10/2023).

Camat Sangasanga, M Dachriansah mengatakan. Ide memanfaatkan lahan pasca tambang, menjadi kawasan peternakan ini terinspirasi dari apa yang dilakukan oleh PT Equalindo Makmur Alam Sejahtera (EMAS) di Kecamatan Tenggarong Seberang.

“Rencana awal adalah ternak sapi, jadi memang untuk kebutuhan Kalimantan Timur, memang secara teknisnya kami ingin mengembangkan itu. Sebagai upaya mempersiapkan kebutuhan daging bagi IKN nantinya,” terangnya.

Rencananya, akan ada tiga titik lokasi yang bakal jadi Lokasi Fokus (Lokus) pengembangan ternak sapi. Yakni di Kelurahan Sangasanga Muara, Sangasanga Dalam dan Kelurahan Pendingin.

“Tahap awalnya sudah dimulai dan akan ditindak lanjuti lagi setelah 2025,” tambahnya.

Pada tahap awal ini, Dachriansah mengatakan pihaknya akan menggandeng pihak swasta, untuk melakukan pengembangan. “Mudah-mudahan bisa terealisasi. Artinya Sangasanga bisa menjadi pemasok kebutuhan daging bagi Kaltim dan IKN,” pungkasnya. (ADV/Diskominfo Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *