May 24, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Tingkatkan SDM Pariwisata, Dispar Kukar Terus Lakukan Pembinaan

1 min read

Kabag Pengelolaan Objek dan Sarana Kepariwisataan Dispar Kukar, M Rodha Fatrianta.

Infoalima.com, TENGGARONG – Sumber Daya Manusi (SDM) menjadi salah satu instrumen penting dalam suksesnya pengembangan seltor pariwisata. Menyadari itu, Dinas Parowisata (Dispar) Kutai Kartanegara (Kukar) gencar mengadakan berbagai peltihan untuk meningkatkan kapasitas SDM pengelola wisata.

Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Objek dan Sarana Kepariwisataan Dispar Kukar, M Ridha Fatrianta menyebutkan. Sepanjang tahun 2023 ini, pihaknya telah melaksanakan kegiatan pelatihan di beberapa wilayah di Kukar.

“Tahun ini ada pelatihan di Pantai Pamedas, pelatihan sanitasi di Kota Bangun, kemudian pelatihan Branding dan pemasaran produk wisata di Tenggarong,” Sebut Ridha.

Ia menambahkan, dalam waktu dekat Dispar Kukar bakal mengadakan pelatihan di Samarinda. Dengan mengundang seluruh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Kukar.

“Tujuannya untuk mensinkronisasikan Pokdarwis dan BUMDes sebagai unit usaha. Kita akan latih untuk penyamaan persepsi antara Pokdarwis dan BUMDes,” tambahnya.

Untuk mengembangkan potensi destinasi wisata di Kukar, Ridha mengaku bahwa Dispar Kukar membutuhkan kerjasama dengan pihak lain, seperti Pokdarwis dan BUMDes

“Kami menyadari bahwa pemerintah tidak bisa berdiri sendiri. Kami butuh masyarakat melalui Pokdarwis dan pengusaha. Karena memang kegiatan pemberdayaan ini bisa dilakukan sendiri,” Pungkasnya. (ADV/Diskominfo Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *