May 24, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Sah, Petani Dan Nelayan Bisa Ajukan Kredit Kukar Idaman

2 min read

Bupati Kukar, Edi Damansyah saat mengesahkan program KKI bagi petani dan nelayan.

Infoalima.com, TENGGARONG – Kini Program Kredit Kukar Idaman (KKI) tidak hanya bisa akses oleh pelaku UMKM. Paling baru, Bupati Kukar, Edi Damansyah memperbolehkan Petani dan Nelayan mendapat KKI.

Bupati Kukar, Edi Damansyah secara resmi menetapkan. Bahwa KKI juga dapat diajukan oleh petani dan nelayan, pada saat membuka Gerakan Pangan Murah di Kantor Bupati, Senin (16/10/2023).

Untuk diketahui program KKI sendiri sudah berjaln sejak 2021. Program ini menyediakan pinjaman kredit dengan kelebihan seperti tanpa agunan dan cicilan nol persen yang selama ini diperuntukkan khusus bagi pelaku UMKM.

Berkat kerja sama Pemkab Kukar dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) dan Bankaltimtara yang nantinya disuport oleh Jamkrida Kaltim. Kini petani dan nelayan juga berhak mengakses program KKI.

“Kami ingin memberikan penguatan dalam akses permodalan yang selama ini menjadi salah satu kendala di lapangan. Yaitu seringnya mereka tersandung permasalahan dengan rentenir terkait modal tersebut,” ujar orang nomor satu di Kukar, Edi Damansyah.

Perluasan jangkauan penerima program ini dilakuka, lantara sektor pertanian dan perikanan merupakan sektor yang sangat potensial di Kukar. Bahkan 42 persen dari total produksi gabah kering giling di provinsi Kaltim berasal dari Kukar. Dan, 80 persen produksi kelautan dan perikanan kaltim berasal dari Kabupaten Kukar.

Dengan perluasan program ini, pemohon kredit dapat mengajukan hingga maksimal Rp 50 juta, atau sesuai hasil analisis di lapangan oleh Bankaltimtara. Dengan jangka waktu kredit maksimal sampai dengan 36 bulan dan pembayaran angsuran pokok kredit. Dapat dilakukan dengan pola setiap panen, atau setiap produksi secara periodik sesuai dengan batas waktu akhir pengembalian.

Skema perkreditan ini dirancang, untuk mempermudah masyarakat dalam mengakses kredit melalui Bankaltimtara, dengan persyaratan yang sangat minim.

Selain itu, alokasi kredit ini juga dirancang oleh Pemkab Kukar, dengan mengalokasikan penyertaan modal kepada Bankaltimtara. Untuk dapat berkontribusi bagi pengembangan perekonomian daerah di sektor riil.

“Kami yakin Kredit Kukar Idaman ini dapat terselenggara dengan baik yang diiringi dengan proses pengendalian dan evaluasi yang terus menerud bagi perbaikan kualitas layanan oleh Pemkab Kukar dan Bankaltimtara,” tutupnya. (ADV/Diskominfo Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *