May 16, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Kemenpora: Mengapa Sepak Bola Tidak Diadakan dalam Kejuaraan Tarkam

1 min read

InfoAlima.com, – Kemenpora menggelar Kejuaraan Antarkampung (tarkam). Ada lima cabang olahraga yang akan dipertandingan. Namun, dari lima cabor itu tak ada sepakbola.

Ardima Rama Putra selaku Staf Khusus Bidang Peningkatan Prestasi dan Pengembangan Industri Olahraga menegaskan bahwa Kemenpora tidak menomorduakan cabor sepak bola. Adapun lima cabor yang dipertandingkan adalah basket, voli, tenis meja, bulu tangkis, dan atletik.

”Jadi, memang Menpora [Dito Ariotedjo] memperhatikan masukan dan saran, terutama dari Presiden Jokowi. Menpora sama sekali tidak ada maksud mengesampingkan sepak bola, tapi memang untuk tarkam, di daerah-daerah sudah banyak kegiatan sepak bola,” kata Ardima Rama Putra di Jakarta, Senin (14/8).

”Jadi, kami menyelenggarakan yang memang belum banyak di daerah, seperti badminton dan voli. Dari jumlah populasi atletnya, kami cek juga banyak dari level junior sampai senior. Kami mencoba memberikan wadah. Tapi, tak menutup kemungkinan bahwa sepak bola akan digelar tahun depan,” lanjutnya.

Ardima Rama Putra juga menjamin keamanan serta kesejahteraan wasit yang memimpin pertandingan-pertandingan Kejuaraan Tarkam. Ia ingin ajang ini berjalan dengan sukses di tahun pertama.

”Masalah perlindungan wasit dan perangkat pertandingan, Kejuaraan Tarkam ini tentu, karena penyelenggaraannya Kemenpora dan dinas olahraga di daerah, maka penanggung jawabnya ada di Kemenpora,” ucapnya.

”Ada tenaga lain [selain atlet] di olahraga, seperti wasit, pelatih dan lain-lain. Itu yang memang mau kami gali lebih lanjut, apalagi nanti kalau wasit ini performa bagus, akan kami rekomendasikan ke cabor terkait,” dirinya menambahkan.**

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *