September 13, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Kepala Desa Bunga Jadi Fokus Peningkatan Ekonomi Melalui BUMDes dan Infrastruktur Pertanian

1 min read

Kepala Desa Bunga Jadi, Inna Ismiyati.

Infoalima.com, TENGGARONG – Kepala Desa Termuda, Inna Ismiyati, berkomitmen untuk meningkatkan ekonomi Desa Bunga Jadi, Kecamatan Muara Kaman, melalui pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Saat ditemui di Kantor Dispora Kukar, Inna menegaskan bahwa BUMDes di desanya berfungsi baik dan memainkan peran krusial dalam memanfaatkan potensi desa.

“Pengelolaan BUMDes saat ini berjalan dengan baik, meskipun tentu ada tantangan yang harus kami hadapi,” kata Inna usai rapat koordinasi di Kantor Dispora Kukar.

BUMDes di Desa Bunga Jadi mengelola berbagai usaha, terutama dalam sektor pertanian dan pengolahan hasil pertanian, mengingat desa ini memiliki potensi besar di bidang tersebut.

Namun, Inna menyadari adanya beberapa kendala dalam pengelolaan BUMDes, khususnya terkait akses modal dan keterbatasan infrastruktur.

Salah satu kekuatan utama Desa Bunga Jadi adalah sektor pertanian. Menurut Inna, lahan pertanian subur di desa ini merupakan aset yang bisa dikelola lebih optimal untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Kami melihat bahwa pertanian bisa menjadi penggerak utama ekonomi desa, dan kami berupaya memaksimalkan potensi ini,” ujarnya.

BUMDes berfungsi sebagai motor penggerak ekonomi dengan fokus pada pengembangan produk-produk pertanian lokal. Meskipun demikian, Inna mengakui perlunya dukungan dari berbagai pihak, termasuk Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kukar, untuk hasil yang maksimal.

“Harapan saya kepada DPMD Kukar adalah dukungan yang lebih konkret, terutama dalam hal akses infrastruktur seperti jalan tani yang dapat memudahkan para petani dalam mengakses lahan mereka,” tuturnya.

Inna berharap dengan dukungan tersebut, pertanian di Desa Bunga Jadi bisa berkembang lebih pesat, dan pada akhirnya, kesejahteraan masyarakat pun meningkat. (ADV/DPMDKukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *