September 14, 2024

InfoAlima

Portal berita online

DPMD Kukar Perkuat Pengelolaan Anggaran Desa dan Dorong Kreativitas Kepala Desa

2 min read

Kepala DMPD Kukar, Arianto.

Infoalima.com, TENGGARONG – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kutai Kartanegara (Kukar) mengklarifikasi pengelolaan anggaran di tingkat desa. Kepala DPMD Kukar, Arianto, menjelaskan bahwa kepala desa memiliki wewenang penuh dalam mengelola anggaran desa, termasuk pelaksanaan lelang dan kerjasama dengan pihak ketiga secara bertahap.

Arianto mengungkapkan bahwa Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 5 Tahun 2020 tentang Pengadaan Barang dan Jasa Desa merupakan dasar hukum pelaksanaan lelang di desa. Proses ini harus sesuai dengan mekanisme pengelolaan keuangan desa, khususnya terkait dengan Alokasi Dana Desa (ADD).

“Lelang tetap dilakukan, tetapi tidak dalam satu paket besar. Misalnya, untuk proyek senilai Rp1,5 Miliar, akan dibagi sesuai Rencana Anggaran Biaya (RAB). Jika ada komponen dalam RAB yang nilainya melebihi Rp200 Juta, maka harus dilakukan lelang sesuai mekanisme yang berlaku di desa,” kata Arianto.

Arianto juga mendorong kepala desa untuk lebih kreatif dalam pengembangan desa, berkat dukungan dari Perbup tersebut.

Terkait dengan percepatan pembangunan, Arianto menyampaikan bahwa Bupati dan Wakil Bupati Kukar mengamati keterlambatan penyerapan anggaran pada proyek-proyek dinas teknis, yang bisa menghambat pemenuhan kebutuhan desa.

“Desa memiliki kewenangan untuk membangun infrastruktur sendiri, dan sejak tahun 2008, ADD sudah dialokasikan ke desa-desa oleh pemerintah Kukar. Ini lebih awal dibandingkan dengan dana transfer desa yang baru ada pada tahun 2015, setelah Undang-Undang Desa diberlakukan pada tahun 2014,” jelas Arianto.

Menurut Arianto, kebijakan ini penting mengingat luasnya wilayah Kukar yang memerlukan pendekatan khusus dalam pembangunan. Dia juga menambahkan bahwa desa-desa di Kukar sudah terbiasa mengelola kegiatan yang diserahkan langsung ke desa.

“Alhamdulillah, dari pemantauan kami untuk perubahan di tahun lalu pun, seluruh realisasi anggaran telah berjalan dengan baik,” tutup Arianto.

(ADV/DPMD Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *