June 21, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Pemkab Kukar dan DPMD Dorong Peningkatan Kemandirian Desa

1 min read

Kepala DPMD Kukar, Arianto.

Infoalima.com, TENGGARONG – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) terus berupaya meningkatkan kemandirian desa. Terdiri dari 20 kecamatan, 44 kelurahan, dan 193 desa, Kukar memiliki potensi yang beragam di setiap desanya.

Kepala DPMD Kukar, Arianto, menegaskan bahwa pihaknya berkomitmen penuh dalam mendorong kemandirian desa. “Kami bertekad untuk membawa desa-desa di Kukar mencapai kemandirian yang berkelanjutan,” ujar Arianto.

Dalam mewujudkan hal tersebut, Arianto menyebutkan bahwa sektor kesehatan dan ekonomi menjadi fokus utama. “Kami akan mengidentifikasi dan mengatasi hambatan di sektor kesehatan untuk mencapai kemandirian desa,” terangnya.

Arianto juga menyoroti pentingnya aktivitas ekonomi yang didukung oleh institusi keuangan mikro. “Perputaran keuangan yang aktif di desa sangat penting untuk mencapai kemandirian,” tambahnya.

Menurut Arianto, ratusan desa di Kukar memiliki keunggulan masing-masing. “Ada desa yang unggul di sektor pertanian, perkebunan, perikanan, dan pariwisata. Beberapa desa bahkan mampu mengembangkan berbagai sektor secara bersamaan,” ungkapnya.

Arianto juga tidak menutup kemungkinan adanya desa yang akan berkembang dengan konsep hirilisasi, yaitu pengembangan industri di desa. “Ini adalah salah satu strategi yang kami pertimbangkan untuk mencapai kemandirian desa,” tegasnya.

DPMD Kukar juga aktif dalam memfasilitasi kerjasama antara Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). “Kami berharap kerjasama ini dapat meningkatkan kesejahteraan desa,” kata Arianto.

Meskipun ada kendala seperti jumlah penduduk yang terbatas atau potensi ekonomi yang belum tergali, Arianto yakin bahwa ini akan menjadi kekuatan desa. “Insyaallah, dengan upaya yang kami lakukan, kesejahteraan masyarakat Kukar akan terus meningkat,” tutupnya. (ADV/DPMD KUKAR)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *