June 21, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Pelatihan Kader Posyandu oleh DPMD Kukar untuk Meningkatkan Pelayanan Kesehatan Desa

2 min read

Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kukar mengelar Bimtek Peningkatan kapasitas bagi kader Posyandu.

Infoalima.com, TENGGARONG – Dalam rangka memprioritaskan peningkatan layanan kesehatan masyarakat, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kutai Kartanegara (Kukar) telah menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas bagi kader Posyandu balita. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 12 hingga 14 Mei 2024 di Hotel Harris Samarinda dan diikuti oleh 225 peserta dari Kecamatan Muara Badak, Kenohan, Kota Bangun Darat, dan Samboja.

Tujuan utama dari Bimtek ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para kader Posyandu dalam menyediakan pelayanan kesehatan yang berkualitas tinggi, khususnya kepada ibu dan anak. Sekretaris DPMD Kukar, Muhammad Yusran Darma, menekankan bahwa kegiatan ini merupakan langkah penting dalam upaya pemerintah untuk meningkatkan kesehatan masyarakat di tingkat desa.

“Kami berkomitmen untuk memastikan bahwa kader Posyandu memiliki semua alat yang diperlukan untuk mengenali dan memberikan penanganan awal yang tepat terhadap masalah kesehatan yang dihadapi masyarakat. Mereka adalah ujung tombak dalam upaya kami untuk memperkuat sistem kesehatan desa,” ungkapnya.

Yusran juga mengungkapkan harapannya agar Bimtek ini dapat menjadi titik balik bagi para kader untuk terus meningkatkan partisipasi dan kualitas layanan yang mereka berikan. Dengan peningkatan kapasitas ini, diharapkan aksesibilitas dan kualitas pelayanan kesehatan di desa-desa akan semakin baik.

Selama Bimtek, para kader Posyandu menerima pelatihan intensif yang mencakup berbagai topik, mulai dari asuhan kesehatan dasar, nutrisi, hingga pencegahan dan penanganan penyakit umum pada balita. Pelatihan ini dirancang untuk memperkuat peran Posyandu sebagai pusat layanan kesehatan primer di desa, yang dapat diandalkan oleh masyarakat.

DPMD Kukar berharap bahwa dengan adanya peningkatan kapasitas ini, kader Posyandu akan lebih efektif dalam menjalankan tugas mereka dan pada akhirnya akan berkontribusi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. Kegiatan ini juga diharapkan dapat memotivasi kader lain untuk mengikuti jejak mereka dalam memberikan layanan yang terbaik bagi masyarakat.

“Bimtek ini merupakan bagian dari komitmen DPMD Kukar dalam memprioritaskan pelayanan kesehatan masyarakat. Melalui kegiatan ini, diharapkan para kader Posyandu akan terus berkembang dan memberikan kontribusi yang berarti dalam upaya peningkatan kesehatan masyarakat di Kutai Kartanegara,” pungkasnya. (ADV/DPMD Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *