June 15, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Aplikasi SIE DESA Kukar: Transformasi Digital untuk Pengelolaan Data Desa

2 min read

Kepala DPMD Kukar, Arianto.

Infoalima.com, TENGGARONG – Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) telah mengalami transformasi digital dalam pengelolaan data desa berkat penerapan Aplikasi Sistem Informasi Elektronik Desa (SIE DESA). Inisiatif yang diambil oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kukar ini bertujuan untuk memudahkan pengelolaan data yang meliputi perangkat desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), arsip, kelembagaan, dan aset desa.

Kepala DPMD Kukar, Arianto, menyampaikan bahwa aplikasi ini telah mempermudah transisi dari pengelolaan data manual ke sistem elektronik yang lebih efisien. Sejak diluncurkannya SIE DESA pada tahun 2023, desa-desa di Kukar telah dapat mengunggah data mereka ke sistem, yang kemudian dapat diakses oleh kecamatan dan DPMD secara real-time.

“Kami di DPMD kini dapat memantau dan memverifikasi data desa dengan cepat dan akurat berkat SIE DESA. Ini merupakan langkah besar dalam memastikan integritas dan keakuratan data yang kami kelola,” jelas Arianto.

Dengan adanya Aplikasi SIE DESA, proses pendataan dan pengelolaan di tingkat desa menjadi lebih mudah dan efisien. Arianto menambahkan bahwa pemantauan data desa kini dapat dilakukan secara real-time, memungkinkan pihak kabupaten untuk memiliki gambaran yang lebih jelas dan terkini mengenai situasi di setiap desa.

Arianto berharap bahwa aplikasi ini akan menjadi alat penting dalam meningkatkan kualitas data desa dan DPMD. “Dengan data yang lebih akurat, kami dapat merancang program dan kebijakan yang lebih tepat sasaran untuk pembangunan desa,” tuturnya.

Inovasi ini diharapkan dapat membantu DPMD dan desa-desa di Kukar untuk bekerja lebih efektif dalam mengelola sumber daya dan merencanakan pembangunan yang berkelanjutan. Dengan data yang valid dan terkini, pembuatan kebijakan dan program kegiatan diharapkan dapat lebih sesuai dengan kebutuhan nyata di lapangan. (ADV/DPMD Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *