June 14, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Kukar Terangi Desa-desa dengan Listrik, Wujudkan Kemajuan Infrastruktur

2 min read

Kepala DPMD Kukar, Arianto.

Infoalima.com, TENGGARONG – Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) telah mencapai prestasi penting dengan berhasil menyediakan akses listrik di seluruh desa dan kelurahan di wilayahnya. Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kukar mengumumkan bahwa kini, semua 183 desa telah terhubung ke jaringan listrik, sebuah langkah maju yang menjanjikan kemajuan dan kesejahteraan bagi penduduknya.

Kepala DPMD Kukar, Arianto, menyatakan bahwa pihaknya berkomitmen untuk terus memastikan kebutuhan listrik di desa-desa terpenuhi. “Kami telah memastikan bahwa setiap desa di Kukar kini dapat menikmati manfaat dari listrik,” ungkapnya.

Arianto juga mengakui bahwa masih ada beberapa dusun yang belum sepenuhnya teraliri listrik. Untuk itu, DPMD berencana untuk bekerja sama dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya, termasuk Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Perumahan dan Pemukiman, serta Dinas Perhubungan Kukar, untuk memastikan bahwa listrik dapat sampai ke dusun-dusun terpencil.

Sementara itu, anggota DPRD Kukar, Sopan Sopian, mengkonfirmasi bahwa meskipun listrik telah mencapai semua desa, ada beberapa daerah yang masih belum menikmati pasokan listrik selama 24 jam penuh. Ia mencontohkan Desa Melintang di kecamatan Muara Wis, yang listriknya belum tersedia secara penuh 24 jam.

Sopan, yang juga merupakan mantan karyawan PLN, menyoroti kendala infrastruktur di beberapa dusun, seperti Kuyung di desa Sebemban, kecamatan Muara Wis, yang telah menunggu puluhan tahun untuk mendapatkan listrik PLN. “Infrastruktur yang belum memadai menjadi penghalang utama dalam pembangunan jaringan listrik,” jelas Sopan.

Untuk mengatasi masalah ini, Sopan telah menyarankan pembangunan jalan alternatif yang akan memudahkan pemasangan jaringan listrik ke dusun Kuyung. “Kami berharap, dengan rencana pengembangan jaringan listrik yang telah masuk dalam agenda tahun ini, dusun Kuyung akan segera terang benderang,” harap Sopan.

Dengan langkah-langkah yang telah direncanakan, masa depan yang lebih terang tampaknya sudah di depan mata bagi warga Kukar. Inisiatif ini tidak hanya menandai kemajuan infrastruktur tetapi juga membuka peluang bagi peningkatan kualitas hidup dan pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut. (ADV/DPMD Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *