June 14, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Kukar Catat Peningkatan Desa Mandiri, 30 Kepala Desa Terima Penghargaan

2 min read

Kegiatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke-21 Kukar.

Infoalima.com, TENGGARONG – Sebanyak 30 kepala desa di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) mendapatkan pengakuan atas kemajuan signifikan yang telah dicapai dalam pembangunan desa mereka. Penghargaan tersebut diberikan dalam rangka pencapaian status ‘Desa Mandiri’ pada tahun 2023 dan diserahkan oleh Bupati Kukar, Edi Damansyah, serta Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kukar, Arianto, dalam sebuah upacara yang diadakan di Kecamatan Kembang Janggut.

Dalam acara Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) 2024, Arianto menyampaikan bahwa kegiatan ini tidak hanya sebagai seremonial, tetapi juga sebagai wadah untuk memberikan apresiasi kepada desa-desa yang telah mencapai kemajuan berarti. Dari total 76 desa mandiri yang ada, terjadi peningkatan dengan penambahan 30 desa baru yang berhasil meraih status mandiri pada tahun lalu.

“Untuk tahun 2024, kami menargetkan penambahan minimal 19 desa mandiri lagi. Kami yakin bahwa dengan berbagai program intervensi dan kerja sama lintas sektoral, target ini akan tercapai,” ucap Arianto.

Strategi yang telah ditetapkan DPMD Kukar untuk meningkatkan Indeks Desa Membangun (IDM) pada tahun 2024 meliputi tahapan-tahapan pengukuran yang komprehensif dengan melibatkan partisipasi aktif dari masyarakat desa itu sendiri.

“Kami mengharapkan kepala desa untuk memberikan perhatian yang serius dalam usaha mencapai status mandiri, yang merupakan tujuan utama dari program ini,” ujar Arianto.

Lebih lanjut, Arianto mengingatkan bahwa pencapaian status desa mandiri membutuhkan dukungan yang kuat dari seluruh lapisan masyarakat, termasuk kerja sama dengan Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan indeks ketahanan sosial yang menjadi salah satu indikator penting dalam penilaian IDM di wilayah Kukar.

Penghargaan yang diberikan ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi kepala desa lainnya untuk terus berinovasi dan berkolaborasi dalam memajukan desa mereka masing-masing. Dengan demikian, diharapkan jumlah desa mandiri di Kukar akan terus bertambah, seiring dengan peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat desa. (ADV/DPMD Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *