June 20, 2024

InfoAlima

Portal berita online

DPMD Kukar Giatkan Transformasi Desa Berkembang Menjadi Mandiri

1 min read

Kepala DPMD Kukar, Arianto.

Infoalima.com, TENGGARONG – Dalam rangka memajukan pembangunan desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) telah meluncurkan sebuah inisiatif baru. Inisiatif ini bertujuan untuk mempercepat transformasi desa-desa yang memiliki status Indeks Desa Membangun (IDM) dari berkembang menjadi maju atau mandiri.

Kepala DPMD Kukar, Arianto, mengungkapkan bahwa program ini menargetkan peningkatan status untuk 21 desa berkembang di tahun 2024. “Evaluasi kinerja desa akan dilakukan berdasarkan penilaian tahun lalu, dan desa-desa harus memenuhi kriteria indikator yang telah ditetapkan oleh Kementerian Desa,” jelas Arianto.

Indikator yang dimaksud meliputi aspek ekonomi, lingkungan hidup, dan sosial. Untuk mencapai status desa maju, sebuah desa harus mendapatkan skor minimal 0,8 pada indikator yang telah ditentukan. Jika skor ini tidak tercapai, maka desa tersebut akan tetap pada status IDM berkembang, yang menandakan masih adanya ruang untuk peningkatan.

Hasil evaluasi terbaru menunjukkan bahwa beberapa desa masih berada di bawah target, sementara yang lain telah berhasil melebihi ekspektasi. “Kami yakin dengan strategi yang telah kami rancang, kami akan dapat mencapai target transformasi desa-desa tersebut,” ucap Arianto dengan optimisme.

DPMD Kukar berkomitmen untuk memberikan dukungan penuh dan bimbingan kepada desa-desa dengan status IDM berkembang. Dukungan ini diharapkan dapat membantu desa-desa tersebut memenuhi semua indikator yang diperlukan untuk meningkatkan status mereka.

“Harapannya, inisiatif ini akan membantu desa-desa di Kukar mencapai kesejahteraan yang lebih baik dan pembangunan yang lebih berkelanjutan,” pungkasnya. (ADV/DPMD Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *