June 13, 2024

InfoAlima

Portal berita online

DPMD Kukar Gelar Kegiatan Peningkatan Kapasitas Linmas untuk Ciptakan Desa Tertib dan Aman

1 min read

Kepala DPMD Kukar, Arianto.

Infoalima.com, Tenggarong – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar kegiatan peningkatan kapasitas penyelenggaraan ketentraman, ketertiban, dan keamanan masyarakat desa di Hotel Elty, Tenggarong pada Senin (29/4/2024). Kegiatan ini diikuti oleh Kasi Pemerintahan dan Kepala Satuan Linmas dari 25 desa di Kukar.

Kepala DPMD Kukar, Arianto, dalam sambutannya menjelaskan bahwa kegiatan ini dilatarbelakangi oleh amanat regulasi Permendagri 29 Tahun 2020, Permendagri 42 Tahun 2017, dan Permendagri 11 Tahun 2023. Selain itu, kegiatan ini juga menindaklanjuti hasil evaluasi monitoring dari DPMD Provinsi yang memerintahkan DPMD Kukar untuk menjalankan regulasi tersebut dengan sebaik-baiknya.

“Harapannya, dengan adanya kegiatan ini, penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban masyarakat di masing-masing desa dapat dijalankan sesuai dengan aturan, sehingga ketentraman dan ketertiban dapat semakin baik di desa masing-masing,” ujar Arianto.

Dalam kegiatan ini, para peserta akan mendapatkan materi tentang ketentraman dan ketertiban masyarakat desa oleh tim gugus tugas pendamping desa. Selain itu, Arianto juga menambahkan bahwa Satlinmas telah membantu dalam berbagai kegiatan, seperti penyelenggaraan pemilu di desa-desa.

“Pemerintah desa juga diizinkan untuk memberikan insentif kepada Satlinmas melalui dana desa (ADD). Besaran insentif bervariasi, tergantung berat dan ringannya tugas yang diberikan, dengan kisaran antara Rp 500.000 hingga Rp 600.000,” jelasnya.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas Linmas di Kukar sehingga mampu membantu menciptakan desa yang tertib dan aman. (ADV/DPMD KUKAR)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *