May 23, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Dukung Perkembangan Pertanian, Camat Samboja Lakukan Pemeliharaan Waduk

2 min read

Camat Samboja, Damsik.

Infoalima.com, TENGGARONG – Selain dikenal sebagai pemasok utama ikan hasil tangkapan laut di beberapa wilayah di Kalimantan Timur, Kecamatan Samboja juga menyimpan potensi dari seltor pertanian, Senin (30/10/2023)

Sektor pertanian ini lah yang saat ini juga sedang dikembangkan oleh Pemerintah Kecamatan. Mengingat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) tengah berupaya untuk tampil menjadi lumbung pngan bagi Kalimantan Timur (Kaltim) dan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Memang, Kecamatan Samboja tidak masuk dalam penetapan lima kwasan pertanian terintegrasi. Namun bukan berati Kecamatan yang terletak di wilayah pesisir Kukar tersebut tidak dapat berpartisipasi dalam misi besar Pemkab Kukar tersebut.

Camat Samboja, Damaik mengatakan, saat ini pihaknya tengah melakukan perawatan dan pembenahan waduk Samboja. Hal ini dilakukan untuk memberikan akses pengairan yang maksimal pada lahan pertanian masyarakay di Samboja.

“Ini menjadi tugas kami untuk mempertahankan wilayah waduk itu. Karena disitu rata-rata petani,” terang Damsik.

Waduk yang terletak di antara Kelurahan Wonotirto, Tanjung Harapn dan Desa Karya Jaya ini. Tidak hanya difungsikan sebagai sarana pengairan pertanian, tapi juga sebagai daerah resapan air kala musim hujan.

Pihak Kecamatan juga berkomitmen untuk menjaga kelestarian lingkungan di sekitar waduk tersebut. Salah satu upaya yang saat ini tengah di galakan oleh pihak Kecamatan Samboja adalah, dengan menetralisir kawasan tersebut dari penambangan batubara ilegal.

Ia mengatakan, pihaknya telah mengintruksikan kepada seluruh Kepala Desa dan Lurah untuk segera melapor jika ada aktivitas pertambangan batu bara ilegal disekitar lokasi Waduk Samboja. “Jika ada penambang liar disekitar waduk itu disampaikan ke kecamatan,” ungkapnya.

Pihaknya juga telah memberi himbauan kepada masyarakat untuk melapor dan bertindak langsung ketika ada pertambangan ilegal. “Saya selalu mengimbau kepada masyarakat sekitar waduk. Agar bersama-sama menolak penambang liar,” tutupnya. (ADV/Diskominfo Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *