May 18, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Tingkatkan Populai Hewan Ternak di Kukar, Distanak Salurkan Ratusan Bibit Sapi dan Kambing

1 min read

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Distanak Kukar, Aji Gozali.

Infoalima.com, TENGGARONG – Sebagai upaya meningkatkan jumlah ternak di Kutai Kartanegara (Kukar), Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kukar sakurkan ratusan bibit ternak sepanjang tahun 2023. Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Distanak Kukar, Aji Gozali, Kamis (26/10/2023).

Aji Gozali mengatakan, bantuan bibit ternak yang dibagikan terdiri dari ternak sapi dan kambing. Mengingat sejauh ini, Kukar masih sangat bergantung pada pasokan daging dari daerah lain.

Sehingga Distanak Kukar sengaja mengambil bibit dengan kualitas unggulan dari daerah lain, untuk di kembangkan di Kukar.

“Salah satu cara adalah dengan mengimpor ternak dengan bibit unggul dari luar daerah,” kata Aji Gozali.

Rencananya, Kata Aji Gozali. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar akan memaksimalkan lahan bekas tambang sebagai lokasi peternakan sapi. Termasuk mencoba mengintegrasikan perkebunan kelapa sawit sebagai wilayah peternakan.

“Pemerintah juga telah memberikan sejumlah bantuan bagi peternak. Bantuan tersebut mencakup kandang ternak dan bibit-bibit ternak berbagai jenis,” terangnya.

Beneran kelompok ternak di Kukar, telah menerima sejumlah bantuan bibit ternak dari Distanak Kukar. Ada sekitar 115 bibit kambing uang dibagikan ke 4 kelompok ternak di tiga Kecamatan berbeda. Dua kelompok ternak di Kecamatan Marangkayu, satu kelompok ternak di Tenggarong, dan satu kelompok ternak di Anggana.

Selain kelompok yang menerima 115 bibit kambing tersebut, juga masih ada benerapa kelompok peternak yang menerima bantuan lain, seperti bantuan kandang ternak.

“Kita berharap bantuan ini bisa bermanfaat bagi para peternak dan juga bisa meningkatkan populasi ternak di Kukar,” pungkasnya. (ADV/Diskominfo Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *