May 17, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Kecamatan Loa Kulu Terus Kembangkan Sektor Pertanian Dalam Arti Luas

2 min read

Camat Loa Kuku, Ardiansyah.

Infoalima.com, TENGGARONG – Menjelang Perpindahan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara ke Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). Membuat Kecamatan Loa Kulu terus bersiap, Camat Loa Kuku, Ardiansyah mengatakan. Pihaknya saat ini tengah fokus mengembangkan sektor pertanian dalam arti luas.

Kecamatan Loa Kuku sampai saat ini bisa dikatakan sukses mengembangkan sektor Pertanian, Peternakn dan Perikanan. Bahkan beberapa sektor telah berhasil berinovasi dengan menghasilkan hilirisasi.

Seperti Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Sumber Purnama milik Desa Loa Sumber. Yang sukses mengolah padi petani setempat menjadi beras produksi berkualitas.

Juga pembangunan Rumah Produksi Bersama (RPB) Jahe yang saat ini tengah dalam tahap finisih sebelum beroperasi di Desa Jonggon Jaya.

Di Kecamatan Loa Kuku juga terdapat perkebunana kelapa sawit beserta pabriknya. Belum lagi dati sektor peternakan, di Kecamatan Loa Kulubterdapat banyak peternak sapi yang sukses menggembalakan sapi di lahan pasca tambang.

“Artinya ini merupakan upaya kita untuk dapat bermitra dengan IKN Nusantara dari sektor pangan,” kata Ardiansyah, Kamis (12/10/2023).

Ia juga menambahkan, untuk pengembangan wilayah Kecamatan Loa Kulu lebih lanjut. Pihaknya akan menyusun rancangan strategis pengembangan wilayah Kecamatan Loa Kuku bersam dengan pihak Badan Otorita.

Nantinya kata dia, penataan ruang di Kecamatan Loa Kuku akan dilakukan berdasarkan skala prioritas. Ia juga mengatakan pihaknya tengah fokus membangun Sumber Daya Manusi (SDM), agar dapat bersaing dengan kedatangan penduduk ke IKN Nusantara.

“Baik itu dari pertanian, perikanan, dan perkebunan itu sudah di persiapkan di Loa Kulu. Jadi loa Kulu sedang di tata ruang wilayahnya oleh pihak Otorita IKN. Jadi kita hanya menunggu saja kapan dari otorita ini untuk bisa pengembangan proyek strategis,” pungkasnya. (ADV/Diskominfo Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *