June 14, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Lomba Desa dan Kelurahan di Kukar Dorong Peningkatan Indeks Pembangunan

2 min read

Foto bersama usai pemaparan lomba desa dan kelurahan tingkat kabupaten Kutai Kartanegara tahun 2024.

Infoalima.com, TENGGARONG – Lomba desa dan kelurahan yang diselenggarakan oleh Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) pada tahun 2024 telah berlangsung dengan sesi pemaparan yang diadakan di Swiss-Belhotel Borneo Samarinda, Rabu, 22 Mei 2024. Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Sekretariat Kabupaten (Setkab) Kukar dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kukar.

Acara ini diikuti oleh delapan peserta yang terdiri dari perwakilan desa dan kelurahan, yaitu Kelurahan Karya Merdeka dari Kecamatan Samboja, Kelurahan Sarijaya dari Kecamatan Sangasanga, Kelurahan Dondang dari Kecamatan Muara Jawa, dan Kelurahan Panji dari Kecamatan Tenggarong. Serta Desa Jembayan Tengah dari Kecamatan Loa Kulu, Desa Tanah Datar dari Kecamatan Muara Badak, Desa Kayu Batu dari Kecamatan Muara Muntai, dan Desa Lebak Mantan dari Kecamatan Muara Wis.

Akhmad Taufik Hidayat, Asisten I Setkab Kukar Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, menegaskan pentingnya lomba ini sebagai bagian dari upaya penguatan pemerintahan desa dan kelurahan. Ini sejalan dengan Permendagri Nomor 81 Tahun 2015 yang mengevaluasi perkembangan desa dan kelurahan. Lomba ini juga bertujuan untuk menilai seberapa aktif peran pemerintah desa dan kelurahan dalam pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat.

Fokus utama dari lomba ini adalah untuk menilai pencapaian program prioritas yang ditetapkan oleh Bupati dan Wakil Bupati Kukar, Edi Damansyah dan Rendi Solihin, yang mencakup aspek kesehatan, pendidikan, dan sosial kemasyarakatan. “Kami berharap kegiatan ini dapat meningkatkan IDM dan jumlah desa mandiri di Kukar, sehingga semua desa dapat mencapai status desa mandiri,” ucap Taufik.

Yusran Darma, Sekretaris DPMD Kukar, menyampaikan bahwa empat desa telah terpilih untuk mewakili kecamatan mereka di tingkat kabupaten. Penilaian administrasi telah dilakukan oleh DPMD Kukar selama beberapa minggu terakhir. Dari enam kecamatan yang awalnya berpartisipasi, dua desa tidak lolos penilaian administrasi.

Lomba ini, yang merupakan mandat dari Permendagri, diadakan setiap tahun oleh DPMD Kukar sebagai bagian dari evaluasi pengembangan desa dan kesejahteraan masyarakat. “Tujuan kami adalah untuk mengetahui tingkat perkembangan desa dan kontribusi mereka dalam meningkatkan IDM di Kukar,” tutup Yusran. (ADV/DPMD Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *