May 19, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Andi Harun Kolaborasi dengan Sektor Swasta untuk Bangun Pelabuhan Baru di Samarinda

1 min read

Wali Kota Samarinda Andi Harun.

Infoalima.com, Samarinda – Pelabuhan Samarinda yang saat ini berada di Jalan Yos Sudarso akan direncanakan akan pindah ke Kecamatan Palaran. Pembangunan pelabuhan baru ini dilakukan dengan kerja sama antara Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda dan PT REI Energi Investama. Kontrak kerja sama ini ditandatangani oleh Wali Kota Samarinda Andi Harun dan PT REI Energi Investama pada Rabu (31/1/2024).

Pelabuhan baru ini diharapkan berfungsi sebagai pelabuhan multipurpose, yang dapat melayani penumpang, barang, dan peti kemas. Wali Kota mengatakan, pembangunan pelabuhan ini tidak menggunakan anggaran APBD, melainkan sepenuhnya dari investasi swasta.

“Kita memakai mekanisme kerja sama investasi. Kita undang pihak swasta yang berminat, kemudian melakukan kerja sama,” ujarnya pada Kamis (1/2/2024).

Menurut Andi Harun, pelabuhan baru ini akan mendukung pemerataan pembangunan di Kota Samarinda, khususnya di Kecamatan Palaran.

“Kita kemarin melakukan kesepakatan bersama, semoga saja bisa lancar karena setelah kesepakatan bersama harus ditindaklanjuti dengan perjanjian kerja sama, jadi mereka harus segera melakukan studi kelayakan, menyusun rencana bisnis, dan perencanaan,” katanya.

Pria yang akrab disapa AH juga berharap, investor yang terlibat dalam proyek ini serius dan bertanggung jawab. Ia juga mengatakan, pihaknya masih membuka peluang bagi investor lain yang tertarik untuk bergabung.

“Jika ada yang berminat akan kami seleksi, mana yang paling cepat itu yang akan kita lanjutkan dengan perjanjian kerja sama, karena pilihan kita membangun pelabuhan tidak memakai APBD, pilihan kita adalah mengundang dunia usaha atau investasi swasta,” tutupnya.

(Klausa)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *