May 19, 2024

InfoAlima

Portal berita online

DPMD Kukar Hadiri Ngapeh Hambat, Optimalisasi PAD dan Penandatanganan Kinerja OPD Tahun 2024

2 min read

Edi Damansyah bersama Kepala DPMD Kukar Arianto, S.Sos.,M.Si.

Infoalima.com, Tenggarong – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) kembali menggelar acara Ngapeh Hambat untuk membahas optimalisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan penandatanganan kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Tahun 2024. Acara ini berlangsung di Ruang Rapat Daksa Artha BPKAD Kukar, Senin (8/1/2024).

Acara Ngapeh Hambat ini dihadiri langsung oleh Bupati Kukar Edi Damansyah, Sekertaris Daerah Sunggono, Para Asisten, Kepala BPKAD Sukoco, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Arianto dan seluruh Kepala OPD dan Camat.

Dalam sambutannya, Edi Damansyah menyampaikan bahwa Ngapeh Hambat ini merupakan salah satu upaya Pemkab Kukar untuk meningkatkan PAD dan kinerja OPD. Ia menekankan pentingnya optimalisasi PAD untuk meningkatkan pendapatan daerah dan membiayai pembangunan di Kukar.

“PAD sangat penting untuk membiayai pembangunan di berbagai bidang, seperti pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur. Oleh karena itu, kita harus bersinergi untuk meningkatkan PAD,” kata Edi Damansyah.

Edi Damansyah juga mengingatkan kepada seluruh OPD untuk segera menyelesaikan kegiatan-kegiatan di APBD 2024. Ia berharap agar OPD dapat bekerja dengan maksimal dan mencapai target kinerja yang telah ditetapkan.

“Penandatanganan Kinerja ini bukan hanya formalitas, tapi harus menjadi komitmen bersama untuk mencapai target yang telah ditetapkan,” kata Edi Damansyah.

Kepala Bapenda Kukar, Bahari Joko Susilo, memaparkan tentang target PAD Kukar di tahun 2024 dan strategi yang akan dilakukan untuk mencapai target tersebut.

Target PAD Kukar di tahun 2024 sebesar Rp. 1 triliun. Untuk mencapai target tersebut, kita akan melakukan beberapa strategi, antara lain:

• Meningkatkan intensifikasi dan ekstensifikasi pajak daerah.
• Memperkuat pengawasan dan penegakan hukum di bidang pajak daerah.
• Meningkatkan pelayanan kepada wajib pajak.

Acara Ngapeh Hambat ini kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan Kinerja antara Bupati dan Kepala OPD. Penandatanganan ini sebagai bentuk komitmen OPD dalam mencapai target kinerja yang telah ditetapkan.

Selain itu, Kepala DPMD Kukar, Arianto berharap dengan penandatanganan kinerja ini, DPMD dapat bekerja dengan maksimal dan mencapai target kinerja yang telah ditetapkan.

“Saya harap dengan penandatanganan ini, DPMD mampu membuktikan dan bekerjasama dengan pemerintah daerah dalam mencapai target yang diinginkan,” ucap Arianto.

(ADV/DPMD Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *