May 24, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Kontrol Mutu Tandan Buah Sawit, Disbun Kukar Terbitkan STDB

1 min read

Ilustrasi Perkebunan Kelapa Sawit.

Infoalima.com, TENGGARONG – Dinas Perkebunan Kutai Kartanegara meluncurkan program penerbitan Surat Tanda Daftar Budidaya (STDB). Ini dilakikan untuk meningkatkan mutu tandan buah sawit hasil perkebunan.

Melalui program Disbun Kukar ini, lahan perkebunan milik masyarakat akan didata. Kemudian, mereka akan mendapatkan kepastian Hak Pengelolaan Lahan (HPL).

Di dalamnya akan tertera keterangan terkait kepemilikan lahan, luasnya, hingga asal-usul benih yang ditanam oleh para pekebun sawit.

Sekretaris Disbun Kukar, Taufik Rahmani, penerbitan STDB ini akan menjadi bukti bahwa lahan kebun milik masyarakat telah tersertifikasi.

Manfaatnya adalah memudahkan para pekebun menjual hasil panen mereka dan membuktikan bahwa lahan yang mereka garap menggunakan bibit unggul yang tersertifikasi.

“Selain itu, dengan sertifikat ini, mereka dapat menjadi mitra tetap bagi perusahaan-perusahaan di sekitar wilayah (kebun) mereka,” ujar Taufik, Kamis (2/11/2023).

Kemudian, diketahui bahwa sepanjang tahun ini, Disbun Kukar menargetkan ada sebanyak 200 pekebun yang disertifikasi dan diterbitkan STDB-nya.

Saat ini, program yang dibiayai oleh APBD Kukar tersebut terus berjalan, dan bahkan dilaporkan melewati target yang dicanangkan. Salah satu daerah dengan jumlah kebun tersertifikasi terbanyak adalah Desa Muai, Kecamatan Kembang Janggut, yang mencapai 352 sertifikasi.

Taufik selanjutnya menyebutkan bahwa pendataan pekebun sawit dan pemberian STDB lebih difokuskan pada pemilik kebun rakyat.

Dan di tahun ini, sasaran kebun yang menerima sertifikasi di Kukar, berfokus di empat kecamatan yang menjadi sentra sawit, antara lain Kecamatan Muara Kaman, Kenohan, Kembang Janggut, dan Tabang.

“Program STDB ini diharapkan juga dapat membantu mengurangi penggunaan bibit palsu atau non unggulan di kalangan petani,” pungkasnya. (ADV/Diskominfo Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *