May 18, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Keterkaitan antara Ekonomi Kreatif dan Industri Kreatif

2 min read

InfoAlima.com, – Pasti kamu sudah tidak asing ketika mendengar ekonomi kreatif dan industri kreatif. Kedua hal ini saling berkaitan satu sama lainnya. Lalu, bagaimana hubungan antara ekonomi kreatif dan industri kreatif?

Ekonomi kreatif adalah kegiatan ekonomi yang sebagian besar pelakunya menghabiskan waktu untuk menghasilkan ide, sedangkan industri kreatif adalah kumpulan aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan penciptaan atau penggunaan pengetahuan dan informasi yang ada.

Lalu apa hubungan keduanya? Jelaskan hubungan antara ekonomi kreatif dan industri kreatif! Simak jawaban selengkapnya di ulasan berikut ini.

Dikutip dari buku Kewirausahaan dan Ekonomi Kreatif karya Martinus Tjendana (2023: 40), ekonomi kreatif adalah era baru ekonomi yang mengintensifkan informasi dan kreativitas dengan mengandalkan ide dan pengetahuan dari sumber daya manusia sebagai faktor produksi utama dalam kegiatan ekonominya.

Sektor ekonomi adalah sebuah industri yang didasarkan pada seni, budaya, bisnis, juga teknologi. Oleh karena itu ekonomi kreatif berkembang pesat seiring perkembangan teknologi.

Menurut Departemen Perdagangan Indonesia, industri kreatif adalah industri yang memanfaatkan kreativitas, keterampilan, dan bakat individu untuk menciptakan kesejahteraan serta lapangan pekerjaan melalui penciptaan dan pemanfaatan daya kreasi dan daya cipta individu tersebut.

Industri kreatif tidak membutuhkan produksi dalam skala besar sebagaimana halnya industri manufaktur. Industri kreatif lebih mengandalkan kualitas dan kreativitas dari sumber daya manusianya.

Oleh karenanya, industri keratif lebih banyak muncul dari kelompok industri kecil menengah. Satu hal yang menarik dari industri kreatif adalah pelaku ekonominya lebih mandiri dan tidak bermental buruh. Lalu bagaimana hubungan antara ekonomi kreatif da industri kreatif?

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka ekonomi kreatif berkaitan erat dengan industri kreatif tapi ekonomi kreatif memiliki cakupan yang lebih luas dari industri kreatif. Hubungan antara ekonomi kreatif dengan industri kreatif yaitu sebagai berikut:

  1. Industri kreatif merupakan bagian dari ekonomi kreatif.
  2. Ekonomi kreatif adalah proses produk atau jasa dibuat, sedangkan industri kreatif merupakan bentuk proses bisnisnya.
  3. Industri kreatif berperan penting terhadap kemajuan dan persaingan sumber daya manusia di bidang ekonomi pada tingkat global.
  4. Industri kreatif dapat diartikan sebagai kumpulan aktivitas ekonomi yang terkait dengan penciptaan atau penggunaan pengetahuan dan informasi.
  5. Laju ekonomi kreatif Indonesia sangat dipengaruhi oleh pergerakan industri kreatif.

Nah, kreativitas yang dihasilkan oleh seseorang atau kelompok tersebut nantinya diharapkan dapat membantu pertumbuhan ekonomi serta dapat membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat yang membutuhkan.

Maka dari itu, industri kreatif merupakan bidang penting yang harus dikembangkan seiring berjalannya waktu dan perlu dibangun bersam-sama dalam perkembangannya karena merupakan salahs atu penopang perekonomian negara.**

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *